Selasa, 31 Januari 2017

LAPORAN HASIL PRAKTEK BIOLOGI “Pengaruh Konsentrasi Substrat terhadap Aktivitas Enzim”



A.   Tujuan
Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengetahui  dan memahami pengaruh konsentrasi substrat terhadap aktivitas enzim koralase.
B.    Alat dan Bahan
1.     Tabung reaksi dan rak tabung reaksi
2.    Mistar
3.    Pipet ukur 10 ml dengan penyedotnya
4.    Pena marker atau label
5.    Scalpel atau cutter
6.    Akuades
7.    Hati sapi (segar)
8.    Hydrogen peroksida (HO)

C.    Cara Kerja
1.     Siapkan 5 buah tabung reaksi yang diberi label 1 sampai 5
2.    Ambil hydrogen peroksida dan akuades ke dalam tabung reaksi  dengan volume sebagai berikut :

Tabung Reaksi
Volume
(ml)

HO
Akuades
1
0
10
2
2,5
7,5
3
5,0
5,0
4
7,5
2,5
5
10
0

3.    Aduk larutan pada tiap – tiap tabung reaksi
4.    Sementara ada beberapa praktikan yang menyiapkan tabung reaksi, praktikkan yang lain yaitu menyiapkan 5 potong hati ayam berbentuk sama dengan ukuran yang sama
5.    Masukkan masing – masing potongan hati ayam tersebut ke dalam tabung reaksi
6.    Setelah 5 menit, ukur ketinggian gelembung oksigen yang terbentuk di dalam tabung reaksi. Jika gelembung oksigen pada salah satu tabung reaksi sudah mencapai salah satu mulut tabung sebelum 5 menit, ukur ketinggian gelembung pada semua tebung reaksi. (Ketinggian gelembung oksigen diukur mulai dari batas awal tanda marker sampai batas teratas gelembung oksigen)
7.    Catat data yang kamu peroleh dalam bentuk tabel
8.    Buatlah suatu grafik sebagai hubungan aktivitas enzim mengurutkan ketinggian gelembung oksigen dengan konsentrasi hydrogen peroksida

D.   Tabel Hasil Pengamatan
Tabung
Volume
(ml)
Ketinggian
Busa
Keterangan
Reaksi
HO
Akuades
Awal Reaksi
Setelah 5 menit

1
0
10
7 cm
7 cm
Tidak Berubah
2
2,5
7,5
7 cm
8, 5 cm
Naik 1,5 cm
3
5,0
5,0
7 cm
10 cm
Naik 3 cm
4
7,5
2,5
7 cm
-
Melampaui Tabung
5
10
0
7 cm
-
Melampaui Tabung


E.    Grafik Pengaruh Enzim Terhadap Hati Ayam

F.    Analisa Data

1. Tabung reaksi 1, yaitu pada 10 ml aquades. Tidak terjadi reaksi apapun serta tidak muncul gelembung dan tidak adanya perubahan ketinggian.
2. Tabung reaksi 2, yaitu pada 7,5 ml aquades dan 2,5 ml hidrogen peroksida. Terjadi reaksi walaupun berjalan lambat. Hal ini dapat dilihat dengan munculnya sedikit gelembung dan waktu yang dibutuhkan untuk mencapai titik tertinggi (8 cm) yaitu 1 menit 39 detik.
3. Tabung reaksi 3, yaitu 5,0 ml aquades dan 5,0 ml hidrogen peroksida terjadi reaksi yang lebih cepat ketimbang tabung reaksi 2. Hal ini dikarenakan dalam waktu 52 detik muncul gelembung dengan ketinggian mencapai 13 cm.
4.Tabung reaksi 4, yaitu 2,5 ml aquades dan 7,5 ml hidrogen peroksida terjadi reaksi yang lebih cepat karena gelembung sudah melewati mulut tabung reaksi pada detik ke-14.
5. Tabung reaksi 5, yaitu 10 ml hidrogen peroksida terjadi reaksi yang sangat cepat, karena gelembung melebihi mulut tabung reaksi hanya dalam waktu 7 detik.




G.    Kesimpulan

Organ hati dapat melakukan proses oksidasi terhadap bahan-bahan yang dianggap toksik (racun) di dalam sel seperti hidrogen peroksida. Dan yang melakukan hal tersebut adalah enzim katalase yang dihasilkan oleh hati. Fungsi enzim katalase adalah dapat menguraikan hidrogen peroksida (H2O2) yang merupakan senyawa berbahaya bagi tubuh menjadi air (H2O) dan oksigen (O2) yang bukan merupakan senyawa yang berbahaya. Kerja enzim katalase dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah derajat keasaman (pH). Enzim katalase dapat bekerja maksimal dalam pH netral yang dapat dibuktikan dengan reaksi gelembung gas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar